Kamis, 17 November 2011

DANAU SENTANI



     Sebagai gambaran Danau sentani adalah danau yang terletak pada Elavasi 76 kilometer diatas permukaan laut dalam Garis astronomi 140. 23'LS - 140. 50' LS dan 2. 31' BT - 2. 41 BT. Luas danau sentani mencapai kurang lebih 740 kilometer Persegi. Debit air yg masuk kedalam danau sentani kurang lebih 20 meter kubik perdetik atau 20.000 liter perdetik, sama kuat dengan debit air yang keluar dari danau sentani melalui sungai JUIFURI ke sungai SKAMTO dan sungai TAMI yang bermuara dilautan fasifik dalam wilayah kota jayapura. Danau sentani dengan kedalaman 0 - 140 Feet terdapat 21 pulau kecil beberapa diantaranya merupakan tempat penghunian penduduk.

Komunitas asli melaksanakan aktifitas kehidupan "SUBSISTANCE" Pada 26 kampung asli yang tergolong Tiga sub kelompok, Yakni Sentani Timur, Sentani Tengah, dan Sentani Barat. Ketiga sub kelompok ini memiliki Satu bahasa lokal dengan Tiga Aksen, 24 kampung komunitas sentani berada dikabupaten jayapura, 2 Kampung lainya berada dalam wilayah administrasi kota jayapura.

Didalam danau sentani terdapat kurang lebih 29 spesis ikan, 10 spesis diantaranya merupakan ikan introduksi dari luar, 3 jenis ikan asli masih dominan, Yaitu HUMEN (Dalam bahasa setempat disebut Gabus), BEAUFORTI (Dalam bahasa lokal disebut Gete-gete dan CHILITERMA SENTANIENSIS (Dalam bahasa setempat di sebut Heuw). Ikan heuw merupakan Spesies Endemik yang tidak terdapat di tempat manapun di dunia, kecali di danau sentani. Ikan PERITIS MICRODOM (Ikan Hiu Gergaji Danau sentani) telah punah, ikan kakap air tawar Merupakan ikan Legenda terjadinya sentani masih merupakan Ikan Asli yang dapat ditemui di beberapa bagian di Danau Sentani.

Saat ini sentani merupakan Ibu kota kab jayapura adalah merupakan salah satu dari sembilan kabupaten tertua di Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar